Thursday, October 9, 2014

Mluvím trochu Česky :) - Part 1

Ketika ditawarin kelas bahasa Ceko disini, aku tanpa pikir panjang langsung mengiyakan. Aku memang dasarnya tertarik bahasa, ngerti ngganya urusan belakangan..

Karena aku datang telat 2 minggu, aku harusnya ketinggalan 4 pertemuan, tapi ternyata minggu kedua gurunya sakit, jadi aku hanya ketinggalan 2 kelas. Selasa kemarin, kelasku yang pertama dan aku sendiri ke kelas bahasa, berhubung dua temanku ada urusan lain. Mereka juga tak terlihat antusias untuk belajar bahasa. Aku benar-benar tak punya background bahasa Czech, dan sebenarnya tak yakin ada space juga, tapi aku hadir di kelas.

Kelas dimulai dengan review.. Sang guru bertanya kepada beberapa orang dan mereka pada bisa menjawab pertanyaannya. Semacam percakapan singkat, yang bagiku hanya seperti kicauan burung. hahha. Sama sekali ga tau apa yang mereka omongkan, bahkan ga tau pemenggalan katanya harus dimana.

Topik hari itu: Co je to? (What is it?)
To je.. (it is.. bukan toje versi Singkawang lho ya. haha.)

Hari itu belajar menghitung juga:
jeden, dva, tři, čtyři, pět, šest, sedm, osm, devět, deset.
Aku sampai saat ini ga ngerti cara baca tiga dan empat. "ř" dibaca kaya "r" di mandarin, "č" dibaca "ch".
Yang lucu bunyi 8 seperti "awesome". hahaha.

Kata benda dalam bahasa Czech terbagi menjadi 4 kelompok:
masculine animate (mužský životný), masculine inanimate (mužský neživotný), feminine (žensky) dan střední.

Di akhir kelas, ada games. Satu kelas dibagi menjadi 2 kelompok, trus satu murid dipanggil ke atas untuk menggambar dan dua kelompok akan bersaing, menebak apa yang dia gambar. Kata-kata yang dipakai itu ada di list kata-kata yang kami pelajari hari itu.

Berikut tiga gambar yang di papan:


Kelompokku menang di permainan itu, tapi aku tidak mengerti bagaimana mereka bisa menebaknya dengan benar.

Jawabannya: ballet (balet), shock (šok) dan professional (profesionál). Yang nomor satu aku bisa tebak, tapi dua yang lain? Hanya yang tahu lah yang tahu..
Hahhaa.

Tapi orang-orang di kelas itu kocak banget, anak-anak muda mancanegara, jadi aku sangat menikmati.. Looking forward for my next class ^^.

No comments:

Post a Comment